Sabtu, 17 Desember 2011

Dan Malaikat pun Meng-Amin-i Doamu

on Friday, December 16, 2011 at 3:25pm

Setiap manusia pasti memiliki harapan dan keinginan dalam hidupnya.
Dalam meraih keinginan dan harapan itu tidaklah cukup dengan mengandalkan kekuatan raga dan usaha serta kerja keras kita. Tuhan telah memberi kita "sebuah senjata" untuk melengkapi setiap usaha yang kita lakukan, yaitu doa.

Doa merupakan wujud pengakuan seorang hamba akan adanya kekuatan lain yang luar biasa di luar kemampuan diri. Doa merupakan wujud penyerahan diri seorang hamba kepada tuhannya. Dan doa merupakan permohonan hamba yang merasa lemah dan tak berdaya di hadapan Sang Pencipta.

Kala diri merasa tak lagi mampu berupaya, seorang hamba akan datang menghiba di hadapan tuhannya.
Mengadukan segala keluh kesah dan beban yang menghimpit kehidupannya.
Mengharap tuhan mengabulkan semua doa-doa yang terlontar dari getaran bibir dan diantara derai air matanya.

Namun, terkadang tak setiap doa disegerakan terkabulnya oleh tuhan. Karena tuhanlah yang tahu apa yang terbaik yang akan diberikan.
Maka dari itu, carilah celah agar tuhan mau dan mengabulkan doa-doa yang kita lantunkan.

Sabda Nabi, "Tidak ada seorang muslim pun yang mendo’akan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama”.
 [Hadits Riwayat Muslim No. 4912]

Mendoakan saudara kita tanpa sepengetahuannya adalah salah satu cara agar doa kita "mendapat perhatian ekstra" dari tuhan. Bagaimana tidak, karena malaikat pun akan mendoakan kita hal yang sama seperti apa yang kita doakan buat saudara kita tersebut.

Bukan hanya itu, malaikat pun akan meng- amin-i doa bagi orang yang mendoakan saudaranya.

“Tidaklah seorang muslim berdoa untuk saudaranya yang tidak dihadapannya, maka malaikat yang ditugaskan kepadanya berkata:”Amin, dan bagimu seperti yang kamu doakan.” (Muslim)

Seperti halnya kisah Fatimah Az-Zahra putri terkasih rasulullah, di serba keterbatasannya ia tak pernah berdoa untuk dirinya sendiri. Namun ia selalu berdoa untuk orang lain.

Sehingga berdoalah yang baik-baik saja untuk semuanya. Jangan sampai doa buruk keluar dari mulut dan hati kita. Karena pada hakikatnya doa itu untuk diri kita juga.

Maka, tatkala malam mulai beranjak pekat.
Sunyi pun kian merambat senyap.
Lantunkan sebaris doa untuk saudara-saudara tercinta.....
Malaikat akan mendoakan "untukmu juga hal yang sama"

Dan malaikat pun meng-amin-i doamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar